Wednesday, November 4, 2009

Cirebon I : Panasnyaaa. Maknyuss

wihh.. dah lama banget nga sempet ngeblog lagi..
sampe2 lupa kalo punya blog ini .. hehehe..

Well.. tulisan yg ke 3 ini seputar perjalanan ke Cirebon bersama my roomate.
Rencana awal sebenernya mau trip ke pulau Tidung di p.1000
Tapi.. ada daya ternyata bulan datang lebih awal jadi batal deh.. hiks..

My roomate - Miss. Boss Allan..
hanya rencana pulang kampung karena ada urusan with her mom..
dan mau aja gw todong untuk jadi guide saya untuk memuaskan lidah kuliner ini.. hehehehe..

Berangkat dari Jakarta jam 11 siang dengan kereta Cirebon Express..
[pake acara nunggu pembantu cuci gosok datang, nitip rumah, nitip BB - my sweeties naugties dog] Thanks god dapet tiket, soalnya ternyata di kereta lumayan penuh..

Sampe di Cirebon jam 2 siang.. Panasnyaaa...
Terik Matahari berasa kenceng banget ke kulit.. tapi syukur juga ada angin yg berhembus.. Perut sudah keroncongan banget..
List wisata kuliner sudah apal di dalam kepala.. langsung aja kita muter2 cari Empal Gentong Bu Darma di Krucuk - Jl. Slamet Riyadi 2.
Ternyata tutup.. hiks.. cuman sampe jam 1 siang saja.. haizz..
Sebenernya di luar station ada empal gentong Putra Darma dan Mang Darma..
tapiiii..emank dasar gila.. niat2 banget cari si Ibu nya.. hehehee..

Akhirnya kita makan di Nasi Lengko - Pagongan..
Nasi putih, diberi tahu, tempe, toge, kol dan disiram kuah kacang.
Jujur sih, aku nga terlalu suka nasi lengko nya.. tapi sate kambingnyaaa....
bikin ketagihan...

Dalam perjalanan. Ms. Boss beli cemilan Mitang di ampera.
alias kripik kentang yang diberi bumbu pedas, pizza, manis, jagung, dll dsb
Awalnya aku agak nga berani coba, dengan semua bumbu2 kimia itu... duh.. kayaknya serem bener.. ternyata... coba 1.. bener2 enak..
rasanya beda dengan cemilan2 yg diberi bumbu2 tersebut..
ternyata semua bumbu2 itu.. di racik sendiri oleh pembuatnya..
demikian juga dengan kentangnya.. masih tradisional alias tanpa mesin

Sesudah ada tenaga extra..
Ms. Boss membawa saya ke trusmi - pleret..
sekedar shopping batik.. untuk pakaian hari jumat di kantor saya..
Wah..bener2 seneng deh..
Batiknya buanyakkk banget.. and murah2 pula..
Mau batik sutra ada.. batik katun pun ada...
Habis putar putar dan hilir mudik dari toko batik yang satu ke yg lain..
dan juga tangan saya telah penuh dengan kantong batik kiri kanan tapi kantong dompet dah semakin miris... hehhee, maka saya akhiri perjalanan belanja batik tsb.

Tak berasa ternyata sudah jam 7 malam..
Ms. Boss ngajak saya makan ke nasi jamblang OTOY..
menurut dia sih lebih enak daripada Nasi Jamblang Mang Doel.
[saya dulu pernah coba nasi jamblang mang doel dan di depan grage mall yg buka jam 11 malam saja]

Sampai di Nasi Jamblang Otoy di daerah Kesambi
ternyata rame bangetttt...
Menurut aku nih..rahasia nasi jamblang selain nasi hangat yg di taro di daun jamblang.. yg bikin aromanya enak... juga sebenernya terletak di sambalnya..
Nasi jamblang tanpa sambalnya.. kayaknya nga afdol tuh..
Kalo soal lauk pauk.. yah semua kembali ke selera masing2...

Buat saya Lauk Pauk di Nasi Jamblang otoy ini yang paling enak dan direkomendasi oleh Ms. Boss adalah tahu semurnya dan otak goreng... Mantapp!!! JEMPOL!!!!

Trip selanjutnya Ms. Boss membawa saya ke Mie Koclok Rony, letaknya di gang kecil.. katanya dah buka dari jaman bahela.. tapi pas saya ke sana.. teramat sayank.. Mie Koclok Rony tutup..
Jadilah Ms. Boss membawa saya makan Mie Koclok yg lain.. yang menurutnya sih.. juara ke 2 setelah Rony yaitu di....

INILAH! Mie Koclok
serius.. namanya INILAH!
letaknya di pasar Jagasatru...
kedai kecil.. nga ada mobil2 yg parkir atau motor2...
sedikit penasaran.. masa sih INILAH Mie Koclok.. juara ke 2? koq nga rame yah??
Akhirnya saya pesan juga 1 mie koclok dan Ms. Boss pesan 1 mie babat.

Ternyataaaa...walaupun tanpa mobil or motor yg parkir di depan sana,
ternyata banyak pesanan, ada yg memesan 10 bungkus lebih...
Pantas saja.. nga sampe jam 9 juga sudah habis. :D

Soal rasa, selera Ms. Boss emank patut diberi Jempol!!
Mie Kocloknya beneran enak..
Kuahnya gurih, mie nya pas nga bonyok.. duh.. bener2 sampe habis kuahnya saya hirup.. hehehe..sampe ditawarin nambah..
And sempet juga saya coba Mie Babatnya Ms. Boss.. hehehe..
rasa kuahnya seperti kuah Soto Mie.. hanya bedanya tidak ada risoles dan daging. Hanya babat putih empuk.
Di depan meja tersedia juga gula untuk Mie Babat tsb..
Menurut Ms. Boss, pada umumnya Mie Babat biasanya disajikan agak manis, tapi karena ada yg nga suka manis, jadi deh.. gula di pisahkan.. dan bisa ditambahkan sesuai selera.

Selesai menyantap mie koclok...
Sepertinya mulut butuh yang dingin2 dan segar2..
Ms. Boss kemudian membawa saya untuk makan es campur
Kedai Es Campur Sutomo walaupun kecil tapi sangat ramai.
Spertinya sudah menjadi tempat hang out anak2 cirebon untuk bermalam mingguan..

Es Campur di sini versi pembuatannya agak berbeda dengan es campur sinar garut di jakarta
Mangkok terlebih dahulu diberikan es serut baru diatasnya diberikan toping sesuai pesanan.
Saya dan Ms. Boss berbagi es alpukat dan nangka.. seerr.. seger bener di malam yg panas ini..
Jempol!!!

Malam pertama di Cirebon sudah saya lewati dengan perut penuh kekenyangan tapi seneng banget, sampe ke rumah Ms. Boss, kami beres2.. dan langsung tertidur pulas.. untuk isi tenaga perjalanan hari ke 2 besoknya..

foto by http://www.jenzcorner.com/gallery/nasi-lengko-pak-barno.jpg

No comments: